header

About Me
Dr Eko Priatno SpB KBD - Dokter Spesialis ahli Bedah Konsultan Bedah Digestif (Bedah Saluran Cerna, Hati, Empedu Dan Pankreas) di Indonesia.
Dr. Eko Priatno, SpB-KBD adalah profesional muda yang berpengalaman dalam bidang bedah Digestif di Indonesia. Background pendidikan dan reputasinya bisa anda lihat dihalaman profil ini
Liputan TV

Apa itu perlengketan usus ?

Pembentukan jaringan ikat antara dinding perut dan usus atau antara usus dengan usus atau bisa juga antara usus dengan organ lain seperti rahim / kandung kemih ,yang merupakan bagian dari proses penyembuhan suatu luka. Dalam keadaan normal, permukaan usus cukup licin sehingga tidak akan saling melengket satu sama lainnya. Namun pada perlengketan usus tidaklah demikian adanya.

 

 Apa penyebab perlengketan usus ?

Setiap operasi pada perut ada potensi terjadi perlengketan usus. Paling sering terjadi akibat peradangan dalam perut seperti usus buntu yang pecah, radioterapi, infeksi organ kandungan, dsb

 

Siapa saja yang beresiko terjadi perlengketan usus ?

Pasien yang menjalani operasi perut beresiko terjadinya perlengketan usus terutama yang menjalani operasi usus, kandungan. Umumnya perlengketan yang ringan tidak menimbulkan gejala dan kadang gejala baru muncul beberapa tahun kemudian.

 

Apa gejala perlengketan usus ?

Umumnya perlengketan usus tidak bergejala. Bila gejala muncul, nyeri perut berulang merupakan keluhan tersering. Bila perlengketan usus sedemikian hebatnya, dapat menyebabkan sumbatan usus yang memberikan gejala kembung, begah, sulit kentut/ bab serta mual muntah. Dalam kondisi seperti ini harus segera dibawa ke RS terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

 

Apa komplikasi perlengketan usus ?

Komplikasi yang tersering adalah usus terjirat yang dapat mengakibatkan usus menghitam / membusuk akibat usus tidak mendapatkan nutrisi darai aliran darah lagi akibat usus terjirat.

 

Segera ke UGD bila ada keluhan berikut :

  • Nyeri perut melilit hebat
  • Mual, muntah
  • Perut kembung dan perut tampak lebih besar dari biasanya
  • Tidak bisa kentut dan BAB

Bagimana mendiagnosis perlengketan usus ?

Mendiagnosis perlengketan usus tidaklah mudah. Setiap orang dengan keluhan nyeri perut berulang yang sebelumnya terdapat riwayat operasi perut harus diduga menderita perlengketan usus. Selanjutnya perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen perut, CT Scan perut. Bila diagnosis masih belum jelas dan keluhan pasien memberat maka perlu dilakukan laparoskopik diagnosis.

Bagaimana mengobati perlengketan usus ?

Perlengketan usus yang tidak bergejala umumnya tidak perlu pengobatan. Bedah hanya diperlukan bila perlengketan usus menyebabkan nyeri hebat berulang dan, atau ada sumbatan usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video
Gallery Foto