header

About Me
Dr Eko Priatno SpB KBD - Dokter Spesialis ahli Bedah Konsultan Bedah Digestif (Bedah Saluran Cerna, Hati, Empedu Dan Pankreas) di Indonesia.
Dr. Eko Priatno, SpB-KBD adalah profesional muda yang berpengalaman dalam bidang bedah Digestif di Indonesia. Background pendidikan dan reputasinya bisa anda lihat dihalaman profil ini
Liputan TV

Penyakit wasir bisa dikatakan bukanlah penyakit yang berat namun walaupun begitu anda harus tahu apa saja penyebab wasir, apa gejala wasir dan bagaimana penyembuhan wasir serta pilihan-pilihan pengobatan wasir. Didalam bahasa kedokteran dinamakan dengan Hemoroid atau lazim biasa disebut juga dengan wasir atau ambeien merupakan pembengkakan yang isinya merupakan pembuluh darah yang bisa terus membesar. Adapun pembuluh darah ketika terserang wasir terletak di dalam maupun di wilayah bokong, yakni ada di rektum dalam serta anus. Sebagian besar wasir merupakan penyakit ringan yang terkadang pula ketika wasir ini datang ia tidak memunculkan gejala-gejala.

Apa itu Hemorrhoid/Wasir?

Hemorhoid / wasir bukan saja pelebaran pembuluh darah vena pada anus, tapi pendapat terkini menunjukkan pada wasir terjadi prolap/ turunnya jaringan penyangga anal canal (anal cushions).

Pembuluh darah di dalam anus dapat mengalami pembengkakan dan tidak bisa terlihat, masalah tersebut dinamakan dengan hemoroid internal. Pembengkakan pun dapat terjadi di luar anus yang rasanya lebih sakit, yakni disekitar lubang anus, dinamakan dengan hemoroid eksternal.

Wasir ataupun hemoroid merupakan penyakit yang biasa terjadi. Pada orang yang sudah berusia 50 tahun, hampir separuh manusia dewasa mengalami gatal-gatal, tidak enak, dan perdarahan. Hal semacam itu dapat menandakan timbulnya hemoroid.

Penderita Wasir atau Hemoroid

Berdasarkan data Departemen Kesehatan RI sekitar 9 tahun yang lalu, prevalensi hemoroid di Nusantara setidak-tidaknya 5,7 persen dari keseluruhan populasi atau kurang lebih 10 juta orang. Berdasarkan data WHO 9 tahun yang lalu pula, jumlah pengidap wasir atau hemoroid secara global adalah kurang lebih 230 juta penderita.

Berkonsultasi Dengan Dokter Yang Menangani Wasir

Ketika gejala yang di timbulkan tidak menunjukan proses kearah yang lebih baik, ada baiknya konsultasikan dengan dokter. Khususnya apabila Anda mendapati pendarahan atau merasakan perih. Tahap-tahap hemoroid umumnya hilang tanpa ada penanganan khusus. Disamping itu, keadaan tersebut bisa diobati dengan pengobatan ringan yang dapat dibeli di apotik-apotik tanpa menggunakan resep.

Dokter dapat mendiagnosis apakah Anda mengalami hemoroid dengan bertanya tentang riwayat kesehatan dan termasuk menjalankan pemeriksaan fisik. Dokter pun akan mengecek saluran pembuangan Anda. Sebagian pasien merasa malu untuk mengunjungi dokter. Anda tak usah merasa malu, semua dokter telah terbiasa dalam memeriksa dan mengobati wasir, mengingat wasir ini merupakan penyakit yang sangat wajar terjadi.

Penyebab Wasir

Wasir bukan disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama. Wasir bisa terjadi akibat pola defekasi yang buruk seperti sering mengedan, bab keras, sering duduk lama di toilet (sambil dengar musik, chatting).

Penyebab hemoroid sebetulnya masih belum jelas. Namun, penyakit tersebut dihubungkan dengan terjadinya tekanan darah yang meningkat dari batas normal yang terjadi di dalam pembuluh darah yang terletak di anus dan sekelilingnya.

Meningkatnya tekanan darah di wilayah anus dan rektum dapat diakibatkan karena terlampau lama mengejan ketika BAB. Konstipasi jadi pencetus premier dari orang mengejan. Konstipasi yang muncul umumnya akibat dari kurangnya asupan nutrisi serat di dalam menu makan.

Sejumlah hal yang menambah risiko Anda terjangkit hemoroid:

  1. Suka mengangkat benda-benda berat secara terus menerus.
  2. Umur bertambah tua, yang menjadikan penopang jaringan tubuh jadi bertambah lemah.
  3. Batuk terus-terusan dan atau diiringi dengan muntah yang terus terjadi.
  4. Obesitas.
  5. Mempunyai asal usul kesehatan keluarga yang menderita hemoroid.
  6. Terlalu banyak duduk duduk diam atau posisi duduk yang tidak sehat dalam waktu yang lama secara terus menerus (setiap hari).
  7. Tengah hamil
  8. Mengerjakan hubungan badan lewat anus (anal intercourse).

Gejala Wasir ?

Keluhan tersering bab berdarah ( darah segar dan menetes) yang tidak nyeri. Wasir dapat menyebabkan keluhan gatal pada anus, penonjolan di anus setelah bab, sering keluar lendir dari anus. Wasir jarang menyebabkan nyeri kecuali ada komplikasi thrombosis / infeksi. Keluhan – keluhan tersebut tidak spesifik untuk wasir, penyakit seperti fissure ani, fistula ani dan kanker rektum/ anus dapat mencul dengan gejala seperti wasir.

Dapatkah Wasir Berubah Menjadi Kanker?

Wasir tidak bisa berubah menjadi kanker tapi keluhan-keluhan seperti bab berdarah bisa ditemukan baik pada kanker maupun wasir. Tidak jarang pasien mengira bab berdarah disebabkan wasir tapi setelah diperiksa ke dokter ternyata kanker yang sudah stadium lanjut.

Pengobatan Wasir

Tidak semua wasir sama ( tergantung grading ) dan pengobatannya juga berbeda-beda pada tiap individu.

Grading hemorhoid

  1. Wasir tidak menonjol keluar anus.
  2. Ada penonjolan di anus saat bab namun masuk dengan sendirinya.
  3. Ada penonjolan di anus saat bab namun harus dimasukkan dengan jari.
  4. Ada penonjolan di anus saat bab dan tidak bisa dimasukkan kembali dengan jari
  5. Hemorhoid grade I tidak perlu dioperasi, hanya perlu diberikan diet tinggi serat dan obat-obatan.
  6. Hemorhoid grade II dapat diobati dengan rubber band ligasi atau injeksi skleroterapi ( bisa dikelrjakan rawat jalan ).
  7. Hemorhoid grade III – IV umumnya perlu operasi.

Karena hemorrhoid tidak sama pada semua pasien, makan tehnik operasinya pun berbeda tergantung grading dan besar hemorrhoid.

Operasi konvensional : wasir dipotong dan dijahit.

Longo Stapled Haemorrhoidopexy– the “painless” piles surgery : operasi menggunakan stapler.

pph

Transanal Haemorrhoidal Dearterialisation (THD) : pembuluh darah wasir dijahit dengan bantuan USG Doppler.

thd

mucopexy-thd

Laser Hemorrhoidectomy : operasi wasir dengan laser

Hal apa saja yang harus dihindari setelah pengobatan wasir ?

Upayakan pola bab yang teratur, hindari bab keras, hindari mengedan berlebihan, banyak makan serat, dan jangan berlama-lama jongkok saat bab.

Mencegah Wasir

Tahap-tahap hemoroid bisa lenyap dengan sendirinya setelah beberapa hari walaupun tanpa ada penanganan pengobatan secara intensif. Hemoroid yang terjadi sewaktu masa kehamilan akan hilang dengan sendirinya sehabis Anda melakukan persalinan. Tetapi membikin perubahan gaya hidup untuk meminimalisasi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekelilingnya sangat direkomendasikan. Perubahan gaya hidup yang termaksud ialah:

  1. Minum banyak mineral water. Kurangi memakan atau meminum kafein serta minuman mengandung alkohol.
  2. Meningkatkan asupan serat di dalam menu makan.
  3. Tidak menunda-nunda untuk BAB. Sebaliknya, apabila mengabaikan dorongan untuk BAB, bisa menjadikan tinja mengeras dan kering sampai memaksa kita perlu mengejan ketika BAB.
  4. Berolahraga dengan teratur: Dapat mencegah terbentuknya konstipasi, mengurangi tekanan darah, dan mempercepat menurunkan obesitas.
  5. Mengurangi berat badan.
  6. Menghindari obat yang mengakibatkan konstipasi semisal obat pereda rasa sakit yang berunsur kodein.

Perubahan gaya hidup tadi pun dapat mengurangi resiko hemoroid untuk datang lagi. Atau juga dapat mencegah timbulnya hemoroid atau wasir. Disamping itu, ada obat-obatan yang dapat dibeli maupun diresepkan oleh dokter. Obat tersebut memiliki fungsi untuk memudahkan ketika melakukan BAB. Obat oles bisa langsung digunakan pada bokong Anda atau tablet yang bisa dibeli dari apotek secara bebas.

Untuk mengobati hemoroid yang kian parah, boleh digunakan sejumlah jenis pengobatan. Satu diantaranya ialah dengan pengikatan wasir. Ini merupakan proses tanpa melakukan operasi atau pembedahan. Tali yang lentur di ikat di bagian bawah hemoroid dengan kuat. Ini memiliki tujuan guna memotong aliran darah. Wasir akan jatuh kira-kira sepekan.

Video
Gallery Foto

Pengunjung