Dokter Ahli Fisura Ani – Fisura Ani adalah suatu keadaan dimana terjadi luka yang tidak sembuh – sembuh ( ulkus ) pada dubur akibat robekan pada kulit yang menutupi dubur. Umumnya disebabkan oleh pola bab yang keras.

Keluhan penyakit Fisura ani bisa berupa rasa nyeri di dubur pada saat bab dan kadang disertai darah. Diagnosisnya cukup mudah yaitu akan tampak adanya robekan atau luka pada anus. Penanganannya meliputi pencegahan konstipasi sehingga ulkus dapat sembuh dengan sendiri.

Apa saja pilihan terapinya ?

  • Diet tinggi serat, pemberian obat anti radang dan pencahar.
  • Sphinctomy , tujuannya untuk membuat otot anus lebih relax.
  • Obat – obat seperti Glyseryl Trinitrate dan Injeksi botox.

 

Apa itu sphincterotomy ?

Dokter Ahli Fisura Ani Sphincterotomy dilakukan bila terapi dengan diet dan obat-obatan tidak bisa menyembuhkan fisura ani. Bisa juga karena pada saat penyembuhan tapi terjadi kembali tekanan saat buang air sehingga luka terus menerus akan terbuka. Operasi ini dilakukan dengan Otot sphincter anus dipotong sebagian kecil untuk mengurangi spasme otot anus. Setelah operasi selesai biasanya akan diberikan obat pereda nyeri dan untuk pasien sendiri tidak boleh meminum obat – obatan yang mengandung sembelit.

 

Saya Dr. Eko Priatno SpB-KBD bisa membantu anda dalam mengobati fissura ani. Biasanya jika obat yang saya berikan tidak dapat menyembuhkan dengan cepat, tindakan selanjutnya yang akan saya lakukan adalah dengan sphincterotomy. Di mana saya akan memotong sebagian kecil dari otot sfingter anal. Sebelum melakukan operasi, saya akan memberikan prosedur kepada pasien dengan bantuan dokter anastesi.

Anda bisa hubungi saya untuk berkonsultasi masalah kesehatan penyakit dalam anda. Atau berkunjung langsung dengan saya di Rumah Sakit. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat – lihat artikel yang saya buat, dan semua informasi mengenai saya. Ingat, medical check up bukan hanya untuk orang yang sakit saja, tapi orang sehat pun butuh melalukan cek ke dokter. Jangan anda lakukan cek ke dokter setelah semua penyakit mulai bermunculan. Akhirnya keterlambatan anda menyadari adanya penyakit semakin memperburuk kondisi tubuh anda.

WhatsApp chat