Dokter spesialis asam lambung – Problem (penyakit) pada lambung sangat bervariasi bisa berupa peradangan (gastritis), gastric refluks (GERD), maupun kanker lambung. Lambung merupakan organ pencernaan atas yang berfungsi sebagai reservoar makanan sebelum diproses oleh enzym pencernaan menjadi nutrisi yang siap diserap oleh usus halus. Merupakan organ penghasil asam lambung dan komponen yang diperlukan dalam pembekuan darah.

Dokter spesialis asam lambung

Umumnya penderita penyakit yang berasal dari kelainan lambung akan mengeluh nyeri ulu hati, kembung, makan cepat kenyang, dan sering sendawa. Namun keluhan sakit pada lambung tersebut bisa menjadi pertanda adanya kelainan lain diluar lambung seperti batu empedu dan gejala awal usus buntu. Maka penting sekali untuk melakukan pemeriksaan lanjut pada penderita keluhan lambung karena belum tentu keluhan tersebut diakibatkan penyakit lambung.

Apa GERD? dan Apa penyebab GERD?

Bahaya Penyakit Asam Lambung

GERD (Gastro Esofageal Reflux Disease) merupakan suatu kondisi kembalinya isi lambung yang bersifat asam ke kerongkongan.

Apa penyebab GERD?

Terjadi akibat kelemahan pada katup (sphincter) yang menghubungkan antara lambung dan kerongkongan.

Siapa saja yang beresiko menderita GERD?

  1. Wanita
  2. Usia tua
  3. Penderita kencing manis karena pada penderita ini cendrung terjadi perlambatan pengosongan lambung sehingga mudah terjadi refluks.
  4. Obesitas, penderita dengan BMI >35 lebih tinggi menderita GERD dibandingkan BMI< 35
  5. Penggunaan hormon replacement therapy pada menopause
  6. Perokok
  7. Alkohol
  8. Ada kelainan anatomi berupa hiatal hernia yaitu keadaan dimana sebagian lambung berada didalam rongga dada akibat adanya titik lemah pada sekat rongga dada.

Apa saja gejala penderita GERD (penyakit yang menyerang lambung)?

Gejalanya sangat bervariasi bisa menyerupai sakit jantung maupun sakit paru, namun gejala yang paling sering adalah antara lain :

1. Napas terasa sesak, napas berat dan sering batuk berlendir putih
2. Suara serak, tenggorokan kering, tenggorokan terasa panas
3. Nyeri di dada, dada terasa panas

Apa komplikasi GERD bila dibiarkan?

GERD bila tidak ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam sesegera mungkin bisa menyebabkan komplikasi yang sangat serius, komplikasinya bisa berupa erosif esofagitis, ulkus pada esofagus, striktur (penyempitan esofagus), barret esofagus (suatu kondisi pre kanker) dan kanker esofagus. Jadi GERD yang dibiarkan dapat memicu terjadinya kanker lambung sehingga penting sekali untuk mengobati penyakit ini secara tuntas.

Menangani GERD

  1. Perubahan pola hidup : setelah makan jangan langsung berbaring (minimal 3 jam), berbaring dengan bantal tinggi, makan porsi kecil, kurangi konsumsi lemak dan perbanyak protein, berhenti merokok, turunkan berat badan, hindari alkohol
  2. Hindari obat2an yang bisa memicu GERD seperti : obat asma, nitrogliserin, painkiller, obat2 penenang.
  3. Penggunaan obat2 PPI dan prokinetik untuk mengatasi GERD atas petunjuk dokter
  4. Bila obat- obatan tidak bisa mengatasi GERD, maka terapi bedah menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi GERD

Q&A (Konsultasi) Dokter Seputar GERD (Bahaya Penyakit Asam Lambung)

Apakah penyakit asam lambung bisa berbahaya jika asam lambung naik ke dada dan kerongkongan? jika penyakit lambung dibiarkan sehingga ia naik ke dada dan kerongkongan akan menjadi berbahaya dan jika dibiarkan atau tidak diambil tindakan maka bisa menyebabkan terjadinya peradangan (esofagus) serta timbul keluhan baru berupa sulit untuk menelan makanan (terasa ada yang mengganjal didalam kerongkongan).

Apakah penyakit asam lambung bisa menyebabkan kanker? barret esofagus (suatu kondisi pre kanker) dan kanker esofagus. Jadi GERD yang dibiarkan dapat memicu terjadinya kanker sehingga penting sekali untuk mengobati penyakit ini secara tuntas.

Apakah penyakit asam lambung bisa menyebabkan kepala pusing, jalan seperti mengambang, limbung, sensasi bergeraknya benda-benda disekitar? pada dasarnya kepala pusing bisa disebabkan oleh berbagai penyakit tetapi jika anda sedang mengalami sakit asam lambung maka bisa jadi keluhan kepala pusing bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung tersebut. Kepala pusing bisa terjadi ketika asam lambung anda naik ke kerongkongan (esofagus). Ciri-ciri (penyebab umum) sakit kepala karena asam lambung adalah selain anda merasalan keluhan pada lambung anda juga merasakan pusing atau migren dan terasa kaku didaerah tengkuk sampai leher, ada dahak didalam tenggorokan.

Apakah asam lambung mematikan? Jika penyakit asam lambung yang menyebabkan GERD jika terus dibiarkan akan memicu berbagai komplikasi medis yang bisa menyebabkan masalah serius dan bisa menyebabkan kematian.

Apakah penyakit asam lambung bisa menyebabkan jantung berdebar-debar? Apa efek asam lambung terhadap jantung walau tidak ada keterkaitan langsung antara keluhan pada lambung (maag) dan kerja jantung (keluhan jantung berdebar-debar) saat penyakit asam lambung kumat. Keluhan pada lambung dapat menimbulkan perasaan cemas berlebih dan hal itulah yang ditengarai penyebab terjadinya jantung berdebar-debar.

Baca juga artikel konsultasi medis lainnya:

  1. Konsultasi tentang penyakit wasir
  2. Konsultasi tentang penyakit kanker usus besar
  3. Konsultasi tentang penyakit hernia
  4. Konsultasi tentang penyakit usus buntu
WhatsApp chat