Dokter Spesialis Kanker Pankreas -Kanker pankreas merupakan penyebab kematian no. 4 di USA. Bisa terjadi pada bagian kepala, badan maupun ekor pankreas dengan gejala yang berbeda.

Dokter Spesialis Kanker Pankreas

Apa saja faktor resikonya ?

  1. Riwayat terpapar dengan bahan kimia / metal seperti pestisida, benzidin, asbes dll.
  2. Penderita kencing manis, rokok dan obesitas
  3. Faktor genetik/keturunan
  4. Penderita pankreatitis kronik

Bagaimana cara deteksi dini ?

Konsultasi Dokter Spesialis Kanker Pankreas

KANKER PANKREAS

Skreening tidak direkomendasikan pada penderita yang tidak bergejala. Hanya diperlukan pada penderita dengan riwayat keluarga kanker pankreas. Direkomendasikan skreening menggunakan endo USG atau CT Scan.

Bagaimana cara mendiagnosis ?

Keluhannya tidak khas seperti mata kuning, kencing seperti teh, penurunan berat badan, lemas, kembung, tidak napsu makan, mual, muntah, ada riwayat kencing manis. Pada stadium yang sangat lanjut bisa terjadi muntah karena sumbatan pada usus 12 jari serta perut buncit karena asites. Bila ada keluhan tersebut maka periksalah ke dokter, selanjutnya akan dilakukan CT Scan perut. Pemeriksaan laboratorium berupa Ca19-9, dan CEA.

Bagaimana penanganannya ?

Pada kanker stadium awal terbaik dilakukan operasi pengangkatan tumor bisa berupa pankreatikoduodenektomi ( Whipple ), atau distal pankreatektomi ( pada kanker di lokasi badan/ ekor pankreas ). Pada kanker yang sudah menyebar, dapat dilakukan terapi paliatif berupa bypass atau pemasangan stent.

WhatsApp chat