RADANG USUS BUNTU/ APPENDISITIS
18 December 2018 No Comments
Posted in

Apa itu appendisitis ?

Merupakan peradangan pada usus buntu ( umbai cacing ) yang terjadi akibat proses sumbatan dalam rongga usus buntu.Sumbatan yang terjadi bisa diakibatkan berbagai sebab diantaranya akibat feses yang mengeras ( fekolit ), atau pembengkakan kelenjar getah bening usus buntu akibat infeksi saluran napas biasanya terjadi pada anak.

 

Seberapa sering radang usus buntu terjadi ?

Radang usus buntu merupakan penyebab tersering nyeri perut yang memerlukan operasi. Lebih dari 5% orang akan mengalami radang usus buntu selama hidupnya. Umumnya radang usus buntu terjadi pada anak usia sekolah dan orang dewasa, namun jarang terjadi pada orang tua.

 

Apa komplikasi radang usus buntu ?

Jika radang usus buntu tidak segera ditangani, dapat menyebabkan komplikasi yang serius yaitu usus buntu pecah sehingga terjadi infeksi berat dalam perut akibat adanya pengumpulan nanah dalam perut yang bila tidak diketahui dan tidak ditangani akan berakibat kematian

Apa gejala radang usus buntu ?

Keluhan paling sering radang usus buntu adalah nyeri perut bagian kanan bawah mulai dari nyeri ringan sampai nyeri hebat bisa dengan atau tanpa disertai demam.Biasanya akan diawali mual, muntah dan rasa tidak enak di ulu hati / sekiat pusar, kemudian nyeri berpindah ke perut kanan bawah. Pada kondisi radang akut, biasanya pasien akan cendrung tidak berani bergerak karena nyeri akan terjadi bila bergerak/ batuk atau bersin. Bila usus buntu sudah pecah biasanya nyeri akan bertambah berat disertai demam.

 

Apa penanganan terbaik radang usus buntu ?

Umumnya diperlukan operasi untuk mengangkat usus buntu yang radang tersebut.

Ada bebarapa tehnik operasi :

  • Laparoskopi ( operasi dengan membuat 3 buah sayatan sebesar lubang kunci diperut ( key holes surgery ) . Saat ini sudah bisa hanya dengan 1 lubang saja ( tehnik SILS appendectomy ) dengan kelebihan luka operasi tidak terlihat dan nyeri setelah operasi sangat minimal.
  • Laparotomi ( operasi dengan melakukan sayatan lebar pada perut ).

 

Luka operasi pada operasi usus buntu dengan 1 lubang ( SILS appendectomy ), luka operasi tidak terlihat.

Luka operasi pada operasi usus buntu dengan laparoskopik 3 lubang.

About Me

dr eko pDr Eko Priatno SpB KBD – Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif (Bedah Saluran Cerna, Hati, Empedu Dan Pankreas) di Indonesia. Menyelesaikan pendidikan/fellowship bedah minimal invasive/ bedah robotic kanker usus besar/ kolorektal di center kolorektal ternama di Seoul, Korea Selatan.Dr. Eko Priatno, SpB-KBD adalah seorang profesional yang berpengalaman di bidang bedah digestif dan menjadi salah satu pakar bedah laparoskopi-robotik di Indonesia.

Our Commitment

“Memberikan Yang Terbaik Terhadap Pasien.”

Dr. Eko Priatno, SpB-KBD

Health Info

Dokter Spesialis Bedah Obesitas
Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas

Apa itu bedah obesitas (bedah...

KANKER PANKREAS
Kanker Pankreas

Kanker pankreas merupakan penyebab kematian...

Gambar kanker hati setelah dioperasi
Kanker Hati dan Empedu

Keganasan pada hepatobilier bisa berupa...

GERD
Konsultasi Dokter Tentang GERD (Bahaya Penyakit Asam Lambung)

Problem (penyakit) pada lambung sangat...

Gambar-Wasir
Wasir

Penyakit wasir bisa dikatakan bukanlah...

1
Hallo, Ada yang bisa kami bantu?
Powered by