Kanker Lambung
14 December 2018 No Comments
Posted in

Kanker Lambung merupakan kanker yang terjadi pada selaput lendir yang melapisi lambung. Sampai saat ini, kanker lambung masih menjadi masalah kesehatan yang yang serius karena masih tingginya angka kejadian kanker ini. Kanker lambung menempati urutan ke-4 dari jenis kanker tersering setelah kanker paru, payudara dan kanker usus besar. Angka terbanyak kanker lambung ditemukan di negara Jepang dan Korea.

Apa saja gejala dan tanda kanker lambung yang perlu diketahui ?

Kanker lambung pada stadium awal sering tidak bergejala, kalaupun bergejala biasanya tidak khas ( gejala menyerupai penyakit lain ). Dengan berjalannya waktu kanker akan terus membesar dan dapat menyebar ketempat lain seperti hati, paru.

Pada stadium awal gejalanya tidak spesifik seperti gangguan pencernaan atau sakit maag, kehilangan napsu makan. Bila kanker terus membesar ( stadium lanjut ) gejala akan makin nyata seperti lemas, kembung, nyeri perut, mual, muntah warna hitam, bab warna hitam seperti ter.

 

Penyebab/ faktor resiko

  1. Infeksi lambung kronis oleh kuman Helicobacter pylori
  2. Merokok akan meningkatkan resiko kanker lambung sampai 82%
  3. Alkohol
  4. Faktor diet : daging asap, asinan, daging merah.
  5. Obesitas karena tingginya angka GERD.
  6. Keturunan/ genetik

 

Bagaimana mendiagnosis kanker lambung ?

Bila dokter mendapatkan gejala-gejala seperti di diatas, maka pasien akan dianjurkan melalukan pemeriksaan lanjutan berupa :

  1. Endoskopi saluran cerna atas ( gastroduodenoskopi ), bila ditemukan tumor akan dilakukan biopsi untuk dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi, bila kesimpulannya kanker lambung, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan no.2.
  2. CT Scan perut dan dada untuk mengetahui seberapa luas kanker telah menyebar serta mengetahui apakah masih bisa dioperasi

 

 

Bagaimana cara mencegah kanker lambung ?

  1. Bila menderita sakit maag kronik yang disebabkan kuman H. pylori segera obati sampai tuntas.
  2. Study di Korea tahun 2014 menyatakan banyak makan buah, jamur, bawang putih, kacang kedelai dapat mencegah terjadinya kanker lambung.

 

Bagaimana menangani kanker lambung ?

Kanker lambung sulit disembuhkan kecuali ditemukan pada stadium dini sebelum kanker menyebar. Sayangnya kanker lambung stadium dini umumnya tidak bergejala sehingga umumnya penderita kanker lambung datang ke dokter sudah stadium lanjut. Penanganan kanker lambung meliputi pembedahan, kemoterapi dan atau radiasi.

 

Operasi pada kanker lambung

Operasi pada kanker lambung merupakan satu – satunya cara untuk menyembuhkan kanker lambung stadium dini. Pada kanker yang sudah menyebar, operasi paliatif dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

About Me

dr eko pDr Eko Priatno SpB KBD – Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif (Bedah Saluran Cerna, Hati, Empedu Dan Pankreas) di Indonesia. Menyelesaikan pendidikan/fellowship bedah minimal invasive/ bedah robotic kanker usus besar/ kolorektal di center kolorektal ternama di Seoul, Korea Selatan.Dr. Eko Priatno, SpB-KBD adalah seorang profesional yang berpengalaman di bidang bedah digestif dan menjadi salah satu pakar bedah laparoskopi-robotik di Indonesia.

Our Commitment

“Memberikan Yang Terbaik Terhadap Pasien.”

Dr. Eko Priatno, SpB-KBD

Health Info

KANKER PANKREAS
Kanker Pankreas

Kanker pankreas merupakan penyebab kematian...

Gambar kanker hati setelah dioperasi
Kanker Hati dan Empedu

Keganasan pada hepatobilier bisa berupa...

GERD
Konsultasi Dokter Tentang GERD (Bahaya Penyakit Asam Lambung)

Problem (penyakit) pada lambung sangat...

Gambar-Wasir
Wasir

Penyakit wasir bisa dikatakan bukanlah...

Bedah laparoskopi pada kanker kolorektal

Bedah laparoskopi, minimal invasive atau...

1
×
Hallo, Ada yang bisa kami bantu?