Sembuhkan Fistula Ani Dengan Teknologi Laser ( FILAC) Apa itu fistula ani ? Fistula ani adalah terbentuknya saluran abnormal yang menghubungkan anus dan kulit sekitar anus. Sering menyebabkan keluarnya nanah/ darah melalui kulit sekitar anus.

Sembuhkan Fistula Ani Dengan Teknologi Laser ( FILAC)

Apa penyebab fistula ani ?

Fistula ani merupakan keluhan lanjutan dari abses perianal yang diawali oleh infeksi dari jaringan kelenjar mukosa anus. Abses perianal menyebabkan keluhan nyeri sangat hebat dan biasanya pecah spontan. Bila sudah pecah nyeri akan berkurang, namun saluran tempat pecahnya abses tidak bias sembuh spontan dan saluran inilah yang kita kenal sebagai fistula ani.

Apakah fistula ani merupakan kondisi yang serius ?

Penanganan fistula ani memerlukan ketelitian lebih dalam hal mempreservasi otot sphincter ani yang bertanggung jawab terhadap kemampuan menahan defekasi( bab ). Bila dalam operasi otot ini terpotong bisa menyebabkan terjadinya inkontinensia alvi ( tidak bisa menahan bab ). Teknologi laser mampu menjawab tantangan ini karena memiliki kemampuan dalam mempreservasi otot ini, sehingga hal yang disebutkan di atas tidak akan terjadi.

Bagaimana cara menyembuhkan fistula ani ? Apakah perlu pembedahan ?

Hampir 85% kasus fitula ani letak rendah yang tidak melibatkan otot sphincter, sehingga operasi cukup dilakukan fistulotomy.Sedangkan 15% kasus ditemukan fistula ani letak tinggi yang melibatkan otot sphincter ani. Pada kasus seperti ini harus dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk melihat saluran fistula dengan endoanal ultrasound atau MRI.

Bagaimana pengobati fistula letak tinggi yang complex ?

Pada fistula letak tinggi, penanganan terbaik adalah dengan video assisted laser untuk menutup/ ablasi saluran fistula. Kelebihan teknik ini nyeri minimal, tidak ada luka operasi dan bias beraktivitas segera.

WhatsApp chat