Cara Mengobati Fistula Ani – Fistula ani merupakan sebuah saluran tidak normal seperti terowongan kecil yang terbentuk di antara kulit dan anus. Penyakit Fistula ani juga bisa terbentuk dariĀ  anus hingga organ lain, seperti vagina atau saluran kemih.Lubang tersebut dapat terbentuk karena infeksi di area sekitar anus yang tidak sepenuhnya sembuh. Infeksi ini sangat berisiko dan dapat memunculkan gumpalan atau tumpukan nanah dan meninggalkan lubang ketika nanah mengering.

Cara Mengobati Fistula Ani

Pengobatan untuk fistula ani berfokus pada membuang nanah dan menghilangkan fistula sekaligus melindungi sfingter ani (otot yang mengontrol pembukaan dan penutupan anus).

Fistula ani diobati dengan pembedahan. Berbagai jenis operasi untuk mengobati fistula ani meliputi:

  1. Fistulotomi

Langkah bedah ini dipilih jika lokasi fistula ani tidak atau hanya sedikit berhubungan dengan sfingter. Fistulotomi dilakukan dengan membuka kulit dan otot-otot saluran fistula anus, membersihkan area tersebut dan membiarkannya terbuka untuk memungkinkan penyembuhan alami terjadi dari dalam.

  1. Penyumbatan fistula

Prosedur ini dilakukan setelah nanah terkuras. Pada prosedur ini, saluran fistula disumbat dengan bahan khusus yang dapat diserap oleh tubuh hingga fistula akhirnya tertutup.

  1. Instalasi Seton

Dalam prosedur ini, bahan seperti benang (seton) dimasukkan melalui lubang fistula untuk membentuk simpul, memungkinkan saluran fistula melebar dan nanah mengalir dari abses.

Tingkat keketatan benang akan disesuaikan oleh dokter untuk menutup saluran fistula selama masa pemulihan. Ketika saluran ditutup, kabel dilepas. Pada umumnya kawat seton dipasang selama 6 minggu.

  1. Penambalan dengan Jaringan (advancement Flap Procedure)

Prosedur ini dapat dipilih jika fistula melewati sfingter. Dalam prosedur ini, saluran fistula dibedah, dibersihkan, dan kemudian ditambal dengan jaringan yang diambil dari rektum karena sifatnya yang seperti sfingter.

Rektum merupakan bagian terakhir dari usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

  1. Pengikatan saluran fistula atau prosedur LIFT

Prosedur LIFT (ligasi saluran fistula intersphincteric) dapat dipilih jika fistula melewati sphincter. Prosedur ini melibatkan membuat sayatan di atas fistula, menghilangkan bagian tengah yang meradang, kemudian mengikat dan menjahit ujungnya sehingga saluran tertutup.

Setelah operasi, dokter umumnya akan meresepkan obat nyeri dan antibiotik untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah infeksi pasca operasi. Selain itu, pasien mungkin juga perlu mengunjungi dokter secara teratur untuk memastikan bahwa fistula ani telah benar-benar sembuh.

  1. Laser

Tehnik terbaru menangani fistula dengan laser ( FILAC) dimana saluran fistula diablasi dengan sinar laser. Keuntungan tehnik ini adalah tidak ada luka , nyeri minimal.

Dengan adanya metode atau prosedur diatas cara mengobati fitsula ani akan lebih mudah, untuk anda yang ingin segera pulih sehabis melakukan prosedur diatas kami sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki vitamin yang sehat agar anda dapat melakukan kembali aktivitas sehari-hari.

Baca Juga Artikel: Cara Mengobati Kanker Usus

Whatsapp Now