Cara Mengobati Penyakit HerniaHernia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika suatu organ dalam tubuh menekan dan menonjol melalui otot yang lemah atau jaringan ikat di sekitarnya. Jaringan ikat tubuh harus cukup kuat untuk menahan organ pada tempatnya.

Cara Mengobati Penyakit Hernia

Beberapa hal dapat menyebabkan jaringan ikat melemah sehingga tidak dapat menahan organ di dalamnya dan dapat menyebabkan hernia seperti : usia tua, sering angkat berat, sering mengedan, kehamilan.

Pengobatan Hernia

Sebelum menentukan langkah pengobatan, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan dokter dalam menentukan tindakan pembedahan, yaitu:

Kesehatan umum pasien.

Gejala yang muncul dan dampaknya terhadap kehidupan pasien. Dokter akan merekomendasikan pembedahan jika gejala memburuk atau telah mengganggu aktivitas sehari-hari pasien.

Jenis dan lokasi hernia.

Isi hernia. Misalnya bagian usus yang menyebabkan obstruksi usus atau gangguan sirkulasi darah ke organ

Berdasarkan pada pertimbangan tersebut, ada juga beberapa metode atau prosedur pengobatan yang dapat dilakukan dokter, yaitu:

  • terapi obat. Untuk pasien dengan hernia hiatus, dokter akan meresepkan obat penurun asam lambung untuk meredakan gejala. Berbagai jenis obat dapat diberikan, yaitu antasida, antagonis reseptor H-2 dan penghambat pompa proton (PPI).
  • Pembedahan adalah langkah paling penting yang dilakukan dokter saat merawat hernia. Ada dua metode operasi yang dapat dilakukan, yaitu:

Operasi terbuka terdiri dari beberapa pilihan tindakan yang dapat dilakukan dokter selama operasi. Diantaranya adalah:

  • Dokter membuat sayatan di dinding perut, mendorong hernia kembali ke rongga perut, dan mengeluarkan kantung hernia.
  • Hampir mirip dengan herniotomi, namun dokter akan menjahit area tempat keluarnya hernia untuk memperkuat dinding perut.
  • Tindakan ini dilakukan bila lubang tempat keluarnya hernia cukup besar. Dokter akan menggunakan jaring sintetis (mesh) untuk menutup dan memperkuat lubang agar hernia tidak kembali.
  • Laparoskopi (operasi lubang kunci), prosedur pengobatan hernia yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di dinding perut. Dokter bedah akan menggunakan laparoskop dan alat bantu bedah lainnya dalam prosedur ini. Laparoskop adalah instrumen berbentuk tabung tipis yang dilengkapi dengan kamera dan lampu di ujungnya.

Pencegahan Hernia

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hernia. Diantaranya adalah:

  • Berhenti merokok, karena merokok menyebabkan batuk kronis yang dapat meningkatkan risiko hernia.
  • Pertahankan berat badan ideal dengan berolahraga secara teratur.
  • Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mencegah sembelit.
  • Hindari mengangkat beban yang berlebihan atau di luar kemampuan Anda.
  • Jika Anda batuk atau bersin terus-menerus, temui dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengobati Penyakit Hernia, lalu segeralah berkunjung ke dokter spesialis hernia agar penyakit bisa teratasi dengan cepat dan masalah pada pencernaan tidak bertambah. Semoga informasi diatas bermanfaat.

 

Whatsapp Now