Cara Mengobati Penyakit WasirMemiliki penyakit Wasir atau biasa disebut ambeien tentu sangat menyiksa. Belum lagi, penyakit ini juga bisa menyebabkan sembelit bahkan tinja berdarah. Apa saja pilihan pengobatan sebagai cara mengobati wasir dari obat-obatan di apotik hingga pengobatan oleh dokter?

Cara Mengobati Penyakit Wasir

Kita berbicara Gejala pada wasir terlebih dahulu ? Gejala wasir atau ambeien bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, akan lebih baik jika Anda segera mulai mencari obat wasir yang tepat agar wasir tidak semakin parah. Wasir juga dapat menyebabkan komplikasi berbahaya.

Metode pengobatan untuk wasir atau ambeien

Tidak semua orang bisa mengobati wasir dengan minum obat saja. Ada juga orang yang tidak kunjung sembuh meski sudah menggunakan obat wasir, baik yang alami maupun medis. Jika iya, biasanya dokter akan menyarankan Anda menjalani prosedur yang dilakukan langsung oleh tenaga medis. Nah, berikut ini cara atau prosedur yang biasanya dianjurkan untuk mengobati wasir selain minum obat.

  1. Trombektomi Wasir Eksternal

Prosedur ini biasanya ditujukan untuk menghilangkan wasir eksternal jenis ini. Wasir eksternal adalah wasir yang terbentuk di dekat saluran anus. Benjolan ini bisa dilihat dari luar dengan mata telanjang.

  1. Ligasi Karet gelang Rubber

Dokter akan mengikat satu atau dua karet gelang kecil di sekitar wasir internal untuk menutup aliran darah. Tanpa aliran darah, wasir akan lepas setelah seminggu menjalani prosedur ini. Metode pengobatan wasir ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan anestesi. Pasien dapat kembali beraktivitas seperti biasa keesokan harinya.

  1. Suntikan Skleroterapi

Cara mengobati wasir dilakukan dengan menyuntikkan larutan kimia khusus ke dalam jaringan wasir untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan mematikan ujung saraf di kulit di tempat suntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran wasir akan mengecil atau mengecil.

  1. Koagulasi Inframerah, Laser atau Bipolar

Teknik koagulasi menggunakan sinar laser atau infra merah dapat digunakan untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memutus aliran darah di pembuluh darah vena yang bengkak agar tidak membesar.

  1. Operasi Hemoroidektomiectomy

Hemoroidektomi adalah prosedur pembedahan sebagai cara paling efektif untuk mengobati wasir yang parah dan berulang. Dokter menghilangkan kelebihan jaringan yang menyebabkan pendarahan. Operasi wasir dapat dilakukan dengan anestesi lokal dalam kombinasi dengan sedasi, anestesi spinal, atau anestesi umum.

  1. Bedah Stapled Hemoroidopeksi

Hemorrhoidopexy atau disebut juga stapler adalah prosedur menjepit wasir yang memanjang dari dinding rektum (anus) hingga anus. Prosedur ini memungkinkan vena kembali ke tempatnya di rektum, memotong aliran darah sehingga benjolan menyusut dan cairan di dalamnya diserap kembali oleh tubuh.

Waktu pemulihan hemoroid lebih cepat dibandingkan dengan hemoroidektomi. Anda biasanya dapat melanjutkan aktivitas dan bekerja 2-3 hari setelah operasi. Prosedurnya juga tidak terlalu menyakitkan. Hal-hal di atas adalah prosedur sebagai cara untuk mengobati wasir. Sebelum menjalani berbagai cara pengobatan tersebut, sebaiknya sampaikan terlebih dahulu segala pertanyaan atau kekhawatiran yang Anda rasakan kepada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengobati penyakit wasir, jika merasa tidak nyaman akibat terserang penyakit wasir segera konsultasikan kepada dokter spesialis terdekat di rumah anda supaya dapat penanganan lebih baik.

Whatsapp Now