Manfaat Bedah Laparoskopi Pada Kanker Usus Besar – Penyakit usus besar apa yang memerlukan penanganan bedah? Kanker 70% dan Non kanker: inflamasi (colitis), diverticulosis, polyp.

Bagaimana peranan laparoskopi pada kanker usus besar?

Dulu operasi kanker usus besar dilakukan secara konvensional dengan membuat sayatan besar, tentu konsekuensi nya nyeri pasca bedah hebat dan masa pemulihan yang lama. Sekarang sudah ada teknik bedah minimal invasive/ laparoskopi untuk mengatasi problem pemulihan operasi yang lama tersebut.Pada bedah laparoskopi (key hole surgery),  kita membuat beberapa sayatan kecil sebesar lubang kunci pada dinding perut sebagai akses tempat masuknya intrumen laparoskopi sehingga untuk melakukan operasi kita tidak perlu lagi membuat sayatan yang besar seperti dahulu kala.

Manfaat Bedah Laparoskopi Pada Kanker Usus Besar

Apa kelebihan bedah laparoskopi?

Kelebihannya: luka operasi kecil, nyeri minimal, recovery cepat, minimal perdarahan, cepat aktif bekerja.

Bagaimana resiko dan komplikasi bedah laparoskopi bila dibandingkan bedah konvensional?

Bila bicara tentang resiko operasi , sudah ada beberapa study internasional seperti Barcelona trial, COST trial, Classic trial yang membandingkan operasi laparoskopi dan konvensional, hasilnya adalah resiko operasinya dalam hal ini cedera organ/ komplikasi lainnya yang tidak diharapkan adalah sama antara bedah laparoskopi dan konvensional.

Yang menarik adalah

  1. Jumlah perdarahan lebih sedikit karena melalui system kamera HD laparoskopi yang ada saat ini, kita dapat melihat pembuluh darah secara jelas dan bila terjadi perdarahan kita dapat menghentikan perdarahan itu segera.
  2. Trauma terhadap jaringan minimal pada laparoskopi sehingga stress respon terhadap pasien lebih kecil dan recover lebih cepat

Bagaimana dengan angka kekambuhan apakah bedah laparoskopi lebih tinggi dari bedah konvensional?

Beberapa studi yang sudah dilakukan menunjukan angka kekambuhan sama antara bedah laparoskopi dan konvensional.

Bagaimana Lama rawat?

Bedah konvensional lebih lama tinggal di rs antara 7-10 hari karena efek nyeri nya lebih hebat sehingga akan menghambat pasien mobilisasi pasca bedah. Bedah laparoskopi 5 hari

Apakah ada kondisi tertentu dimana laparoskopi tidak bisa digunakan?

Yang dapat menghalangi penggunaan laparoskopi adalah kondisi yang berhubungan dengan penyakit itu sendiri seperti tumor sangat besar, ada sumbatan usus, atau perforasi. Pada kasus seperti ini tidak disarankan bedah laparoskopi.

WhatsApp chat